Tentang

Menulis secara profesional, saya mulai sejak Mei 2006, ketika saya menjadi salah satu staf public relation di sebuah NGO bidang kemanusiaan. Saya sering menulis feature kemanusiaan, berita dan press release.

Beberapa pelatihan menulis yang sangat mempengaruhi saya, mendorong saya untuk menulis lebih dalam, lebih panjang, lebih basah dan lebih baik lagi. Sehingga, saya ingin selalu menghasilkan karya berupa buku, baik yang saya tulis sendiri, maupun bersama-sama.

Saat ini, saya bekerja sebagai abdi negara cum penulis cum blogsger. Selain blog ini, saya juga mengelola blog review JavaPleasure.com. Di sela-sela kesibukan dan akhir pekan, saya banyak menghabiskan waktu bersama Komunitas Books4Care, menulis blog, menulis buku, dan tentunya bersenang-senang bersama keluarga.

Kedua anak saya memanggil Abi, sementara istri kadang memanggil Mas, Yank, Hunny, dan panggilan mesra lainnya. Di akta kelahiran, bapak menyematkan nama “Lufti Avianto” sebagai bentuk doa. Akhirnya, kawan-kawan dan rekan kerja memanggil saya Lufti, Uti, Paus, atau Panda. Dua panggilan terakhir, you know lah, karena postur badan yang yahud.

Saya bukan pembaca buku yang baik. Juga bukan penulis yang telaten. Membaca buku adalah kesenangan tersendiri, dan menulis adalah sebuah kemewahan yang lain. Blog ini, ditujukan untuk mencatat apa yang saya baca, dan merekam apa yang saya tulis, untuk kesenangan dunia, dan keseningan akhirat.

Teman-teman bisa berkenalan, atau memberi saya kesibukan, silakan kontak:

Instagram @theavianto / Facebook: Avianto Lufti / e-mail: lufti.avianto@outlook.com / HP: 087876000676

———————————-

Kalau menurut Temu Bakat, saya adalah:

LUFTI AVIANTO, anda adalah orang yang dapat merasakan perasaan orang lain baik sedang gembira maupun sedang sedih , senang mengkomunikasikan sesuatu yang sederhana menjadi menarik , selalu ingin memajukan orang lain dan senang melihat kemajuan orang , senang mengkomunikasi idenya , suka mengumpulkan berbagai informasi atau teratur , berpikiran strategic, senang mengkomunikasikan sesuatu, banyak idea dan senang menonjolkan kelebihan, senang memotivasi dengan berbagai cara ada yang melalui sifat periangnya ada yang melalui sifat empatinya ada juga karena selalu ingin memajukan orang lain , senang menghayal tentang apa yang mungkin terjadi jauh ke masa depan.

Sebetulnya, nama Senang-Sening diambil dari ujaran ibu saya. “Jangan bisanya senang-sening doang.” Begitu katanya, kalau melihat orang yang sering hura-hura, foya-foya, tapi mati mau masuk surga.

Namun, dari istilah ini, saya justru memaknainya seperti Yin dan Yang, yang menjaga keseimbangan. Sehingga, artikulasi Senang-Sening, mengharapkan adanya keseimbangan antara dunia dan akhirat bagi siapa saja, wa bil khusus saya penulisnya.

Blog ini saya tujukan untuk mencicil calon buku saya, yang saya garap secara simultan. Tiap kategori, mewakili naskah yang sedang saya garap.

Apa saja?

Digital Wisdom. Kumpulan kisah tentang hikmah dan kebijaksanaan yang beredar dari berbagai pesan instan. Dikumpulkan dan dikemas ulang dengan gaya penceritaan saya pribadi, dengan sedikit modifikasi seperlunya tanpa mengurangi subtansi pesan bijaknya.

Memoar Lelaki, Kumpulan pengalaman saya sebagai suami dan ayah. Tentang kecintaan pada istri dan anak-anak. Tentang perjuangan sebuah keluarga kecil. Tentang harapan-harapan dan upaya meraba masa depan.

Memoar Emak. Kumpulan cerita tentang kenangan aku dan emak dan bapak, sejak masa kecil hingga kini. Ditulis untuk dedikasi dan kecintaanku pada orangtua. Menjadikan kenangan abadi yang memiliki pelajaran dan abadi sehingga bisa dibaca anak-cucu kelak. Rencananya akan dibukukan menjadi novel.

Literasi Berdaya. Kumpulan catatan pengalaman tentang perjalanan saya membumikan literasi. Berjuang dengan komunitas literasi Books4Care.  Tentang dunia tulis-menulis yang saya geluti. Tentang karya dan capaian literasi. Rencananya akan dibukukan dengan judul “Berdaya dengan Literasi”.\

Parent Insight. Catatan tentang pengalaman saya dalam pengasuhan dan pendidikan anak. Kumpulan artikel ini akan dibukukan sebagai upaya berbagi pengalaman ayah zaman now. Semoga memiliki manfaat.

#Instapoetry. Kumpulan puisi-puisi yang saya tulis saat naik KRL, merenung, bengong di toilet, saat perjalanan dinas, di tengah rapat, nyetir, atau kapanpun ide dan inspirasi itu muncul, yang kemudian dicatat di notes smartphone dan diposting di Instagram @theavianto. Rencananya akan diterbitkan sebagai Antologi Instapuisi berkolaborasi dengan seorang kartunis.

Anyway, saya berharap, dari blog Senang-Sening, hidup saya bisa lebih seimbang sebagaimana bergeraknya kedua kaki, baik saat berjalan atau bersepeda, harus kompak, seiring dan seirama agar dapat lancar melaju menuju tujuan yang hakiki.

(Visited 1 times, 14 visits today)